BLANTERWISDOM101

5 Cara Jitu Untuk Berhenti Merokok

Saturday, October 5, 2019

zafahealthy.com - Kebiasaan merokok memang selalu menjadi topik yang tidak pernah habis untuk dibicarakan. Merokok memiliki konsekuensi yang berbahaya bagi kesehatan. Bukan hanya untuk diri Anda sendiri, melainkan orang lain yang berada di sekitar Anda.

Meski sudah tahu fakta tersebut, namun tetap saja masih banyak orang yang masih kesulitan untuk berhenti merokok. Jika Anda termasuk orang yang sulit untuk berhenti merokok, simak 5 cara jitu berhenti merokok di bawah ini agar nantinya Anda bisa merasakan manfaat setelah berhenti merokok.

Sebenarnya apa sih yang membuat seseorang kecanduan terhadap rokok? Jawabannya ialah Nikotin, zat yang terkandung dalam bahan dasar rokok yaitu Tembakau.

Jika dihirup, nikotin akan masuk dan mengalir di dalam peredaran darah. Setelah itu, nikotin akan menstimulasi saraf sehingga menghasilkan emosi-emosi yang bahagia, seakan memberi energi tambahan. Biasanya, perasaan-perasaan itulah yang dicari para perokok.

Walaupun rokok terbukti dapat membantu para perokok mendapatkan perasaan bahagia, tetapi secara rasional juga tidak menampik kenyataan bahwa rokok membawa bahaya bagi kesehatan tubuh kita. Oleh sebab itu banyak perokok yang mencoba untuk melepaskan kecanduannya terhadap gulungan tembakau tersebut.

Ada yang berhasil, dan ada juga yang masih gagal. Untuk berhenti merokok kalian harus tahu cara jitu berhenti merokok agar Anda bisa benar-benar berhenti merokok.

5 Cara Jitu Untuk Berhenti Merokok

Apakah Anda perokok yang ingin berhenti? dan ingin tahu cara jitu berhenti merokok? berikut cara jitunya.

1. Pahami mengapa Anda ingin merokok
Sangat penting untuk mengenali faktor-faktor pemicu mengapa Anda ingin merokok. Misal, pada saat waktu luang Anda ingin merokok, maka carilah kegiatan lain untuk mengisi waktu luang tersebut yang membuat Anda lupa merokok.

Sementara, jika Anda mencari rokok pada saat Anda merasa tertekan atau stres, maka hindarilah penyebab-penyebab yang membuat Anda menjadi stres.

2. Sampaikan kepada orang terdekat
Dampak dari orang di sekitar Anda akan memberi dampak yang besar terhadap usaha Anda untuk berhenti merokok. Selain akan diberi ruang dan dukungan, menyampaikan keinginan untuk berhenti merokok biasanya akan membuat Anda merasa terbebani jika dikemudian hari Anda ingin kembali menjadi perokok.

3. Hindari teman-teman perokok untuk sementara waktu
Biasanya, ini merupakan hal tersulit untuk dilakukan oleh perokok yang ingin berhenti merokok. Godaan dari teman perokok Anda akan bermunculan. Sebaiknya Anda menghindar terlebih dahulu untuk sementara waktu hingga Anda benar-benar berhenti merokok secara total.

Download aplikasi untuk berhenti merokok
Zaman sudah berubah. Semakin banyak cara untuk mempermudah seseorang untuk mencapai tujuannya. Salah satunya ialah penggunaan aplikasi yang secara khusus ditujukan bagi mereka yang ingin berhenti merokok.

Biasanya, aplikasi semacam ini akan membantu mengingatkan tentang sudah sejauh mana perkembangan Anda dalam berhenti merokok. Menariknya lagi, biasanya akan ada fitur yang menghitung jumlah uang yang telah Anda hemat dari berhenti membeli rokok. Ini bisa menjadi motivasi yang cukup ampuh untuk berhenti merokok.

5. Niat teguh
Ini adalah poin utama yang paling penting. Sukses tidaknya Anda berhenti merokok, tergantung dengan seberapa besar dan teguhnya niat Anda.

Niat itu juga harus datang dari alasan yang benar, yaitu karena Anda mencintai diri sendiri dan orang-orang terdekat, serta rasa syukur atas tubuh yang masih sehat. Dengan begitu, akan tumbuh perasaan kuat untuk menjaga diri dan menghindari rokok.

Tingkat kecanduan setiap perokok tentu berbeda-beda, maka durasi proses berhentinya pun akan berbeda-beda. Ada yang prosesnya cepat, ada juga yang lebih lambat. Semua itu juga bergantung pada strategi dan cara yang Anda terapkan untuk berhenti merokok. Namun yang paling penting, Anda harus percaya bahwa berhenti merokok bukanlah sesuatu yang mustahil. Oleh sebab itu, mulailah berhenti merokok saat ini juga.

Baca Juga
Share This :
Fauki Zafa

Sehat itu bukan suatu kemewahan. Sehat itu murah tetapi menjadi mahal ketika sehat telah berubah menjadi sakit.

0 comments