BLANTERWISDOM101

5 Cara Mudah Mengatasi Masalah Bau Badan Saat Hamil

Wednesday, October 16, 2019

zafahealthy.com - Apakah Anda mengalami bau badan selama masa kehamilan? Meski kegiatan tidak terlalu banyak pada saat hamil, keringat tetap saja banyak yang keluar.

Penyebab keringat berlebih selama hamil memang cukup banyak. Salah satunya adalah karena bertambahnya berat badan seiring waktu.

Meningkatnya hormon progresteron juga dapat menyebabkan pembuluh kecil pada kulit akan terbuka lebar maka suhu tubuh ibu hamil akan meningkat.

Rasa tidak nyaman mungkin mulai dirasakan setelah memasuki kehamilan trimester ketiga. Jumlah keringat pada tubuh makin meningkat.

Meningkatnya aliran darah pada permukaan kulit menyebabkan ibu hamil akan merasa hangat dan ini merangsang kelenjar keringat untuk mendinginkan suhu tubuh.

Kalau sudah begini ada risiko Anda mengalami bau badan saat hamil.

Meningkatnya hormon estradiol yang menyebabkan bau badan Anda menjadi lebih kuat. Maka dari itu, Anda harus mengetahui bagaima cara merawat diri saat hamil tua dengan tepat.

Berikut zafahealthy.com akan bagikan informasi mengenai cara mudah mengatasi bau badan saat hamil terutama di usia kehamilan akhir.

1. Pilih mengonsumsi buah dan sayur

Bukan berarti Mama dilarang makan daging sapi atau ayam selama hamil. Mama hanya disarankan untuk memperbanyak konsumsi sayur dan buah.

Kabarnya perbanyak konsumsi makanan yang bersumber nabati dapat mengurangi bau badan saat hamil.

Mama bisa mengurangi rempah-rempah saat memasak. Termasuk bahan makanan pemicu bau badan seperti bawang putih dan bawang bombay. Cukup makan seperlunya saja.

2. Perbanyak minum air putih

Minumlah minimal 10-11 gelas setiap hari untuk mencegah dehidrasi dan menjaga suhu tubuh agar tetap stabil sehingga mampu mengurangi bau badan saat hamil.

Banyak minum air putih juga bisa menstabilkan suhu tubuh Anda, jadi tubuh tidak terlalu panas.

3. Rajin lakukan senam hamil

Senam hamil atau olahraga lainnya dapat melancarkan peredaran darah sekaligus mengeluarkan racun tubuh bersama keringat.

Kalau keringat yang keluar lancar dan memang pada waktu olahraga, maka bau badan Anda akan berkurang.

Yang paling penting, jangan lupa untuk bersihkan badan setelah olahraga dan berganti pakaian.

4. Gunakan pakaian longgar

Hindari mengenakan pakaian ketat atau sempit. Jenis pakaian yang sempit membuat sirkulasi udara jadi terganggu sehingga memicu Anda merasa kepanasan dan mudah berkeringat.

Dengan begitu, tubuh kamj juga jadi mudah mengeluarkan bau tak sedap.

5. Mandi dengan campuran air perasan jeruk nipis

Jika bau badan saat hamil yang Anda alami benar-benar sangat mengganggu, Anda bisa coba mandi dengan air yang dicampurkan perasan jeruk nipis.

Aroma jeruk nipis ini bisa menghilangkan bau yang ada. Tapi jika tubuh Anda sedang ada luka, sebaiknya jangan lakukan ini karena bisa membuat bagian tubuh yang luka terasa perih.

Itulah 5 cara muda mengatasi bau badan saat hamil yang bisa Anda lakukan di rumah tanpa perlu perawatan yang mahal. Kalau sudah tau caranya, jangan ditunda-tunda ya.

Baca Juga
Share This :
Fauki Zafa

Sehat itu bukan suatu kemewahan. Sehat itu murah tetapi menjadi mahal ketika sehat telah berubah menjadi sakit.

0 comments