BLANTERWISDOM101

Cara Menjaga Kesehatan Jantung Dengan Efektif

Wednesday, October 9, 2019

zafahealthy.com - Jantung merupakan bagian paling vital yang ada dalam tubuh manusia. Pasalnya, jantung menyalurkan darah ke semua organ yang ada di dalam tubuh supaya bisa berfungsi dengan optimal. Oleh sebab itu, menjaga kesehatan jantung merupakan hal yang wajib dilakukan oleh semua orang.

Bagi Anda yang ingin menjaga kesehatan jantung supaya dapat selalu berfungsi secara optimal, berikut beberapa tips yang bisa Anda terapkan:

1. Konsumsi Lemak Baik
Tidak semua lemak itu tidak baik untuk kesehatan tubuh. Faktanya, adanya lemak baik yang tugasnya membantu menjaga kesehatan pembuluh darah Anda, termasuk jantung Anda.

Sebaliknya, yang termasuk jenis lemak baik dan sangat dianjurkan untuk dikonsumsi adalah lemak tidak jenuh.

Lemak jenis ini dapat menurunkan kadar Kolesterol (LDL), menurunkan risiko pembekuan darah, dan menjaga kesehatan jantung Anda. Lemak baik ini bisa Anda dapatkan pada ikan salmon, ikan sarden, minyak zaitun, dan juga biji-bijian.

2. Lakukan Aktivitas Fisik Secara Rutin dan Teratur.
Aktivitas fisik tidak harus selalu berolahraga dengan fasilitas atau perlengkapan yang kompleks.

Hal-hal sederhana, seperti naik turun tangga, jalan kaki, jogging, berenang atau senam bisa menjadi pilihan aktivitas fisik yang baik untuk menjaga kesehatan jantung Anda.

Supaya lebih optimal dalam menjaga kesehatan jantung, aktivitas fisik tersebut sebaiknya dilakukan setidaknya lima kali dalam seminggu, dengan durasi minimal 30 menit.

Pastikan jenis aktivitas fisik yang Anda pilih cocok dengan kondisi dan kemampuan tubuh, ya!

3. Hindari Rokok dan Paparan Asapnya
Sudah menjadi rahasia umum bahwa rokok adalah musuh bagi jantung. Tak hanya dari batang rokok yang diisap, tapi juga dari asapnya. Fakta menyebutkan bahwa terpapar asap rokok secara berulang dan terus-menerus dapat meningkatkan risiko penyakit jantung koroner sebesar 20–30 persen.

Jadi, jika Anda tidak merokok tetapi berada dalam lingkungan yang penuh asap rokok, risiko penyakit jantung tetaplah tinggi. Karenanya, bagi Anda yang ingin menjaga kesehatan jantung, menjauhkan diri dari rokok dan paparan asapnya adalah sebuah kewajiban yang mesti dilakoni.

Jangan Duduk Terlalu Lama
Selain melakukan aktivitas fisik dengan teratur, hal yang juga penting untuk dilakukan adalah menjauhkan diri dari kebiasaan duduk diam terlalu lama.

Secara medis, duduk terlalu lama mampu meningkatkan risiko terbentuknya bekuan darah di pembuluh darah kaki. Hal tersebut dapat menyebabkan penyakit jantung, stroke atau penyumbatan pada pembuluh darah paru.

Jika Anda harus bekerja atau bepergian dengan posisi duduk yang lama, setidaknya gerakkan kaki untuk berjalan ke toilet atau berkeliling ruangan setiap dua jam sekali.

5. Tidur Yang Cukup
Studi membuktikan bahwa orang dewasa yang terbiasa tidur kurang dari enam jam di malam hari, memiliki risiko dua kali lipat lebih tinggi untuk mengalami penyakit jantung dan stroke.

Hal ini diduga terjadi karena kurang tidur memicu peningkatan tekanan darah dan peradangan kronik di dalam darah, yang pada akhirnya menyebabkan kerusakan pada sistem kardiovaskular.

Oleh karena itu, guna menjaga kesehatan jantung, orang dewasa dianjurkan untuk tidur selama enam hingga delapan jam setiap hari.

6. Perhatikan Gigi dan Mulut Anda
Peradangan gusi dan jaringan sekitar gigi akibat infeksi bakteri dapat menyebabkan bakteri tersebut masuk ke dalam pembuluh darah dan meningkatkan risiko penyakit jantung.

Ada cara mudah untuk menjaga kesehatan gigi, yaitu dengan menyikat gigi dua kali sehari pada pagi dan malam hari. Jangan lupa untuk membersihkan sela-sela gigi menggunakan benang gigi (dental floss) setelah selesai menyikat gigi. Lakukan dengan cara yang tepat, agar manfaatnya optimal.

Menjaga kesehatan jantung bukanlah hal yang sulit, bukan? Lakukan cara dan tips yang telah disampaikan dengan sikap disiplin dan konsistensi yang tinggi. Dengan ini, kesehatan jantung dan pembuluh darah Anda akan terjaga dengan optimal sehingga kualitas hidup juga akan tetap maksimal.

Sumber: Klikdokter

Baca Juga
Share This :
Fauki Zafa

Sehat itu bukan suatu kemewahan. Sehat itu murah tetapi menjadi mahal ketika sehat telah berubah menjadi sakit.

0 comments